Enjoy your life !!!





Minggu, 29 November 2015

Tuhan Senang Menggoda

Entah apa yang terjadi, godaan itu nyatanya datang juga dari Tuhan. Padahal biasanya setan yang menggoda setiap insan manusia. Setan pun setiap waktu akan berkeliaran memenuhi pikiran manusia dengan bujuk rayunya. Bisikan-bisikan haluspun dihembuskan untuk menyusup ke saraf-saraf berpikir supaya manusia terlena dengan tipu dayanya. Sudah menjadi kewajiban setan untuk terus menggoda umat manusia hingga batas penantian ajal masing-masing orang. Manusia akan dibuat terlena oleh bujuk rayu setan yang mungkin saja hanya memberikan kenikmatan sementara namun selebihnya berujung pada penyesalan pada akhirnya.

Manusia dibuai dengan rayuan yang sebenarnya menyesatkan setiap pribadi yang dengan mudahnya terpengaruh. Contoh sederhana saja, ada seseorang yang berjanji akan mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain pada waktu tertentu. Karena malas keluar rumah atau alasan apapun yang sengaja dibuat ia sengaja menunda bahkan membatalkan untuk mengembalikannya dan merasa bisa dilakukan pada hari yang lain. Dari kejadian ini saja orang tersebut sudah terkena bujuk rayu untuk tidak menepati janji. Contoh lain bisa juga adalah dalam hal menunda pekerjaan. Manusia sering terlena oleh kesempatan ini. Padahal seharusnya suatu hal bisa diselesaikan saat itu juga namun ia memilih untuk tidak mengerjakan pekerjaannya saat itu juga dan dalam benaknya bisa diselesaikan nanti saja atau bahkan saat deadline tiba. Nah peristiwa ini juga sering terjadi bukan di kehidupan kita?

Awalnya memang nikmat, tapi setelahnya akan terasa berat. Mengapa begini? Pekerjaan yang tertunda pastinya akan dikerjakan dengan terburu-buru jika tidak diperhitungkan jangka waktu pengerjaannya. Kalaupun selesai hasilnya tidak akan bisa maksimal. Yang rugi ya diri sendiri karena memberikan kenikmatan sementara hadir. Itu tadi baru beberapa contoh di kehidupan kita. Godaan setan ada dalam berbagai wujud. Dalam bentuk dan situasi apapun.  Soal ibadah setan hadir untuk melucuti semangat kita dalam ketaatan pada Tuhan. Belajar di sekolah setan menggoda dengan kemalasan, dalam keluarga setan hadir dalam perbedaan pendapat dari anggota keluarga yang jika tidak disatukan akan tercipta keributan, dalam ekonomi godaan terjadi dalam mencari rejeki yang halal atau haram. Pokoknya godaan setan hadir dalam segala aspek kehidupan selama dunia belum kiamat.

Lantas dimana letak kehadiran Tuhan dalam menggoda manusia? Daritadi yang dibahas hanya godaan setan. Ternyata yang peduli dan ingin dekat dengan kita tidak hanya setan saja. Tuhan pun juga demikian. Tuhan juga senang menggoda, bedanya menggoda manusia untuk menuju ke jalan kebaikan. Beda dengan setan yang sengaja menggoda untuk menyesatkan manusia ke jalan yang memyimpang. Tuhan senang kepada Hamba-Nya yang selalu dekat dengan-Nya. Kalaupun mulai menjauh Tuhan tidak ingin hamba-Nya terlalu jauh sehingga akan menariknya dengan cara yang diinginkan supaya Hamba-Nya tetap dalam kedekatannya. Sarana penariknya adalah dengan ujian yang diberikan agar manusia senantiasa ingat kepada Tuhan. Kalau begitu Tuhan yang terus menggoda seakan-akan mengejar-ngejar manusia dan Tuhan yang membutuhkan? Maksud disini bukan Tuhan yang butuh manusia tapi manusia yang mestinya butuh Tuhan dengan senantiasa mendekati sang Pencipta yang telah memberikan segala bentuk nikmat dan ujian.

Tuhan mungkin juga bisa cemburu jika manusia melalaikan-Nya dengan hal keduniawian. Padahal nikmat duniawi yang memberikan Tuhan mengapa masih melalaikan brsyukur. Jika begitu kan Tuhan dilupakan sekejap. Memang kadang nikmat yang tanpa disyukuri akan menjadi ujian juga bagi manusia. Ujian tersebut adalah bentuk godaan yang diberikan oleh Tuhan supaya manusia dapat ingat disaat mereka mulai jauh dari sang Khalik dan makin dekat jika mendapat nikmat.

Tuhan senang menggoda manusia itu juga dapat dilihat dari berbagai aspek kehidupan. Ada yang berbentuk kenikmatan atau rejeki ada juga yang berbentuk ujian. Kenikmatan yang diberikan misalnya kesehatan. Melalui kesehatan segala hal dapat dilakukan. Semua serba gratis kalau tubuh sehat. Mau kemana saja bisa, mau makan enak, mau bernafas gratis tanpa isi ulang. Tapi kalau manusia lalai dengan nikmat sehat tersebut maka kita akan diuji ganti dengan sakit. Sakit itu sebagai pengingat sehingga  dari hal yang mestinya gratis dinikmati menjadi harus dibayar demi kesembuhan penyakit yang di derita misalnya dengan periksa ke dokter pastinya butuh biaya. Sudah gratis mengapa masih tidak mau menjaga kesehatan. Coba kalau Tuhan perhitungan mau habis berapa biaya untuk setiap nikmat sehat yang dirasakan setiap hari. Tuhan itu Maha baik. Tugas manusia sebenarnya hanya menjaga kesehatannya saja tapi hal ini sering diingkari oleh manusia dan baru sadar kalau kesehatan mahal  setelah diingatkan dengan cobaan sakit. 

Dalam kebiasaan sehari-hari yang berhubungan dengan ibadah Tuhan pun menguji iman seseorang. Rajinkah seorang hamba beribadah? Maukah mereka berdoa? Mungkin itu tolok ukur Tuhan juga untuk menilai hambanya apa ia mau mendekati Sang Pencipta dengan tulus ikhlas. Mintalah maka akan Kuberi. Itu salah satu janji Tuhan. Lha wong disuruh minta saja tidak mau. Padahal tinggal beribadah minta lewat doa terus ditambah usaha. Manusia maunya pengen segala sesuatu terkabul. Tuhan itu selalu memberikan kebutuhan makhluk-Nya. Tapi manusia yang keterlaluan meminta berlebihan padahal mungkin itu tidak yang dibutuhkan. Setiap doa mungkin cepat terkabul tapi ada juga yang lama terkabul. Percaya saja Tuhan sebaik-baik perencana dan pemberi keputusan di waktu yang tepat. Selalu berpikir positif saja kepada Tuhan jika segala sesuatu tidak sesuai kehendak manusia maka anggap itu sebagai ujian bagi setiap manusia. Ujian itu sarana jembatan kedekatan manusia dengan Tuhan dan jangan malah dijadikan jembatan pemisah yang menjauhkan.

Mengenai rejeki Tuhan juga sering lho menggoda. Entah itu rejeki harta, rejeki anak,dan bentuk rejeki yang lain. Lewat rejeki Tuhan memberikan manusia ada yang berlimpah hartanya dan kekurangan harta. Tuhan goda lewat ujian kepada siapa saja entah yang kaya atau yang miskin. Bagi orang kaya akan digoda hartanya melalui ujian gaya hidup yang sejatinya kalau dituruti tak akan ada hentinya. Padahal dalam harta si Kaya ada hak dari si miskin. Dari situ Tuhan menguji apakah harta yang dipunya digunakan untuk sedekah atau diberikan kepada orang yang membutuhkan atau malah digunakan untuk memerkaya diri lagi. Itu ujiannya kalau diberikan untuk sedekah setidaknya sesorang masih ingat akan ciptaanNya yang membutuhkan. Itu tandanya ia mensyukuri nikmat untuk selalu dekat dengan Tuhan.  Sebaliknya kalau seseorang tidak bersyukur dan hanya mementingkan hartanya saja ia berarti dijauhkan dari Tuhan oleh setan yang ada dalam dirinya. Beda cerita dengan yang miskin. Jika ia beriman dan ingat kepada Tuhan, maka ia akan senantiasa mendekati-Nya dalam segala bentuk keadaan apapun. Ia akan terus berusaha mengharap ridho-Nya. Tapi jika iman orang ini tidak kuat ya godaan mana yang akan dipilih terserah. Mau tergoda oleh godaan Tuhan atau godaan setan. Tuhan itu juga akan senantiasa menggoda manusia melalui berbagai nikmat dan ujian. Jika mensyukuri nikmat maka akan ditambah nikmat tesebut, sebaliknya jika mengkufuri nikmat akan diberikan ujian. Memiliki anak yang rajin,sholeh atau sholehah itu pasti dambaan orang tua. Terkadang Tuhan juga memberikan ujian kepada orang tua dengan anaknya yang mungkin bandel, susah diatur, dan mungkin lain dari pada yang lain. Hal itu semata-mata Tuhan menguji iman manusia masih mau tidak mengingat TuhanNya dengan selalu mendekati disaat sedang mengalami ujian atau malah menjauh disaat hal yang diharapkan tidak tercapai atau terkabul.

Tuhan itu senang menggoda setan pun juga senang menggoda. Lebih baik tergoda oleh Tuhan daripada tergoda oleh setan. Jelas kalau tergoda dengan Tuhan maka manusia tidak akan pernah jauh atau menyimpang jalan hidupnya dibanding tergoda oleh setan yang jelas menyimpangkan jalan. Masih tidak mau mendekati Tuhan? Jangan buat Tuhan cemburu lho. Kalau sudah cemburu Tuhan akan berikan banyak ujian supaya kita kembali dekat dengannya.

Tuhan senang menggoda, manusia harus selalu dekat dengan Tuhan.
Dekat Tuhan maka segala kebaikan dan ketenangan hidup tercipta hidup jadi bahagia.

1 komentar:

Blogger mengatakan...

If you're looking to burn fat then you need to start using this totally brand new custom keto meal plan.

To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness couches, and professional cooks have joined together to produce keto meal plans that are effective, convenient, economically-efficient, and delightful.

Since their launch in early 2019, 100's of people have already remodeled their body and well-being with the benefits a certified keto meal plan can give.

Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones offered by the keto meal plan.