Belajar di kelas tidak lepas dengan
interaksi antara guru dan siswa. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
belajar mengajar ini. Setiap hari saja pasti akan ada pengalaman unik dan
berbeda yang akan dialami guru dan siswa. Layaknya siang dan malam,matahari dan
bulan, pria dan wanita, nah sedangkan jika di kelas jug harus ada guru dan
siswa yang mendukung satu sama lain. Bisa apa coba guru tanpa siswa atau siswa
tanpa guru. Nah di tempat inilah “kelas” guru dan siswa selalu bercengkerama
berbagi hal-hal yang sekiranya bermanfaat. Guru belajar dari siswa terkait
bagaimana mengoptimalkan potensi dari masing-masing individu untuk melesatkan
mereka sejauh yang mereka bisa. Siswa belajar dari guru terkait ilmu
pengetahuan dan bagaimana berinteraksi dengan orang yang dijadikan teladannya.
Harus ada titik keseimbangan antara guru dan siswa supaya terjadi hubungan
harmonis antara guru dan siswa.
Tak kenal maka tak sayang, kalimat
tersebut memang sangat bermakna dalam. Jika guru tak mengenali siswanya bisa
dikatakan guru tersebut juga tak sayang sepenuhnya. Tak kenal disini yang
dimaksud adalah tidak mengenali bagaimana karakter masing-masing siswa. Guru
yang kurang berusaha mengenali siswanya akan susah untuk melakukan pendekatan
terhadap siswa apabila suatu saat terjadi masalah. Memang ada masalah di kelas?
jawabannya banyak. Saya sering bermasalah dengan siswa tapi bukannya cari
masalah lho ya. Masalah ini sebenarnya timbul akibat kurang kenal dan sayangnya
saya terhadap siswa saya sendiri.hehe... Maka dari itu saya ingin menyeritakan mengenai
tipe-tipe siswa yang saya jumpai selama saya mengajar sampai saat ini. Kita
tahu bahwa setiap individu dilahirkan dengan potensi berbeda dan memiliki
keunikan tersendiri. Karakter berbeda inilah menjadi tantangan bagi guru untuk
menyari win solution bagaimana menciptakan kelas yang hebat dengan
memberdayakan banyak potensi dari masing-masing siswa.
Berdasarkan apa yang saya
lihat,amati,jalani,rasakan ingin rasanya saya mengenal siswa saya lebih dalam
sehingga tulisan ini lahir begitu adanya. Berikut ini beberapa tipe siswa di
kelas yang pastinya sangat beragam dan unik untuk kita dalami.
1. CEREWET
Siswa tipe ini adalah siswa yang
memang terkenal di kelas banyak bicara. Banyak hal yang diluar kegiatan belajar
dibicarakan. Pasti setiap kelas ada saja individu unik ini. Tipe ini suka
menjadi dominan dibanding teman yang lain. Ada saja hal yang menjadi bahan
pembicaraan selama di kelas. tipe ini juga sering mengadu atau mengeluh jika
ada suatu masalah yang dihadapi. Potensi siswa bertipe ini bisa dioptimalkan
dalam kegiatan kelompok misalnya menjadi juru bicara dalam presentasi kelompok
dan kegiatan yang lain yang membutuhkan seorang pengatur atau pemimpin dalam
kelompok.
2. PENDIAM
Tipe ini adalah kebalikan dari tipe
cerewet sifatnya bertolakbelakang bagai minyak dan air. Biasanya tipe seperti
ini bicaranya irit sekali dan malu-malu kucing. Biasanya siswa ini adalah tipe
pemikir. Setiap hal yang akan diungkapkan dipikirkan dulu. Saking lamanya
berpikir tidak berani bicara,haha. Siswa ini biasanya memberikan ide-ide
brilian tapi kurang berani mengungkapkan.
3. BERPIKIR KRITIS
Siswa seperti ini adalah siswa yang
banyak tanya. Bukan berarti mereka tidak bisa atau kurang mengerti tapi dia
ingin mengetahui lebih jauh atau menyari kebenaran dari informasi yang didapat.
Jadi tidak serta merta siswa yang begini menelan mentah setiap informasi.
Setiap ada informasi yang disampaikan kurang tepat oleh guru maka ia akan
mengajukan pertanyaan. Ia akan puas jika memang informasi yang diberikan benar
adanya.
4. ACUH TAK ACUH
Ada saja di setiap kelas tipe seperti
ini. Ada saja di setiap momen atau waktu tertentu siswa seperti ini tidak akan
memerhatikan pelajaran. Mungkin bosan,kurang dapat perhatian khusus, atau
bahkan memang sengaja mengacuhkan pembelajaran yang sedang berlangsung. Tipe
seperti ini ketika sudah mengalami kejenuhan akan melakukan hal lain yang
dirasa lebih mengasyikan.
5. TUKANG TANYA
Mirip-mirip dengan tipe berpikir
kritis yang sering bertanya saat pelajaran. Bedanya tukang tanya ini selalu
menanyakan hal-hal yang terlalu menyimpang dari materi yang diajarkan atau
bahkan bermaksud untuk menyari perhatian guru dan siswa lain dengan pertanyaan
nyleneh. Siswa seperti ini terkenal humoris tapi juga terkadang menjengkelkan.
Pertanyaan yang diajukan padahal sebelumnya sudah dijelaskan berulang namun
siswa seperti ini masih belum percaya atau kurang percaya diri dalam menjawab
soal misalnya. Pasti akan selalu bertanya apakah jawabannya seperti ini?
6. PEMERHATI/SERIUS
Siswa ini adalah siswa yang banyak diharapkan
oleh guru. Tapi tidak mungkin siswa dalam kelas akan bertipe seperti ini. Tidak
ada tantangan atau keberagaman dan pasti akan sangat menjemukan jika semua
siswa bertipe seperti ini. Siswa tipe ini akan selalu memerhatikan setiap
penjelasan guru dan bisa jadi ia berpikir akan merugi jika sampai tidak
memerhatikan. Tipe siswa ini memang lebih mudah diatur dan diajak bekerjasama
dalam belajar. Biasanya siswa ini adalah siswa yang lebih menonjol di bidang
akademik.
7. USIL/ BIKIN ULAH
Ada saja tingkah polah yang dilakukan
siswa ini. Sering guru menjadi naik pitam oleh tipe siswa ini. Anak ini
terkenal energik, gesit,lincah. Saking usilnya anak ini sering bermasalah atau
membuat masalah dengan temannya. Guru yang menghadapi anaka seperti ini mesti
ekstra kuota sabar. Anak ini banyak menyalurkan keinginannya diluar kendali.
Sering mengerjai temannya atau bahkan menyari tantangan untuk dirinya sendiri
dengan kegiatan yang menyimpang semisal bercanda dengan temannya sampai kebablasan
dan berujung perkelahian. Tipe seperti ini kebanyakan adalah siswa yang kurang
memeroleh perhatian.
Nah itu tadi beberapa tipe-tipe siswa
yang baru saya kenali,sebenarnya masih banyak sekali tipe-tipe yang lain yang belum saya kenali lagi.haha dan keragaman inilah yang membuat kelas menjadi lebih hidup. tantangan ke depan pastinya akan lebih menarik. Sebagai guru pastinya akan banyak pengalaman unik terkait tipe-tipe siswa yang
beragam ini. Indonesia saja Bhinneka Tunggal Ika, jelas saja beragam karakter
unik anak yang mesti dikenali. Guru harus mau menjadi orang tua yang mengayomi
setiap siswanya. Menyayangi mereka dengan mengenali sifatnya. Melejitkan setiap
harapan, asa dan cita-citanya. Hormati setiap perbedaan individu yang memiliki
potensi beragam ini. Ciptakan karakter kuat dalam diri siswa dengan pengarahan
dan penanaman budi pekerti. Sebagai pelayan dari penerus generasi emas bangsa
tugas guru adalah mengarahkan siswa untuk berusaha menghargai setiap individu
dengan penanaman dan pembentukan karakter melalui kegiatan positif.
1 komentar:
This way my colleague Wesley Virgin's story launches in this SHOCKING and controversial video.
Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get whatever they want.
These are the same methods tons of celebrities (notably those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and successful.
You probably know how you use less than 10% of your brain.
Mostly, that's because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Perhaps that thought has even occurred INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years back, while driving a non-registered, beat-up garbage bucket of a car with a suspended driver's license and $3 on his banking card.
"I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally succeed?"
You've been a part of those those types of conversations, isn't it so?
Your success story is going to happen. You need to start believing in YOURSELF.
WATCH WESLEY SPEAK NOW
Posting Komentar