RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah
: SD SOLUSI MASALAH
Kelas
/ Semester : IV ( Empat ) / II (
dua )
Mata
Pelajaran : Matematika
Alokasi
Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
6.
Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
6. 3
Menjumlahkan pecahan
C.
Indikator
· Mengenal
konsep penjumlahan 2 pecahan berbeda penyebut.
· Menentukan
hasil penjumlahan 2 pecahan berbeda penyebut.
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan diskusi kelompok siswa dapat
menemukan cara menjumlahkan
pecahan
berbeda penyebut.
·
Secara kelompok dan individu siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan 2
pecahan
berbeda penyebut.
E.
Materi
Ajar
Penjumlahan pecahan berbeda penyebut.
Materi prasyarat yang
harus dikuasai siswa :
a) Mengenal pecahan
b) Mengenal istilah pembilang dan penyebut
c) Mengenal pecahan senilai
d) Menjumlahkan 2 pecahan berpenyebut sama
Pecahan
merupakan bagian dari keseluruhan.
Dalam
bilangan pecahan dikenal pecahan-pecahan senilai,artinya pecahan-pecahan
tersebut mempunyai nilai yang sama meskipun dituliskan dalam bentuk pecahan
yang berbeda.
Penjumlahan Pecahan
aturan
penjumlahan pecahan yang berpenyebut sama sebagai berikut :
Penjumlahan
pecahan yang berpenyebut sama dilakukan dengan menjumlahkan
pembilang-pembilangnya. Sedangkan penyebutnya tidak dijumlahkan.
penjumlahan
pecahan yang penyebutnya berbeda? Tentu saja dilakukan dengan mengubah ke
bentuk pecahan lain yang senilai sehingga penyebutnya menjadi sama. aturan
penjumlahan pecahan yang berbeda penyebutnya.
1.
Samakan penyebut dengan KPK kedua
bilangan (mencari bentuk pecahan yang senilai).
2.
.Jumlahkan pecahan baru seperti pada
penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
F.
Model/Metode
Pembelajaran
a. Model Pembelajaran: PBI
b. Metode pembelajaran: tanya jawab, diskusi,
dan penugasan.
G.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru memberikan salam, berdoa bersama
,dan absensi
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
·
Apersepsi, yaitu melalui tanya jawab
guru mengingatkan kembali tentang: pecahan dan lambangnya, istilah pembilang
dan penyebut, pecahan senilai, dan penjumlahan 2 pecahan sama penyebut.
b. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
·
Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok.
·
Siswa bekerja dalam kelompok kecil
beranggotakan 4 sampai 5 siswa.
·
Siswa bekerja dalam kelompok
menyelesaikan permasalahan yang diajukan guru dalam lembar permasalahan. Ada 3
permasalahan setara yang akan dibahas siswa dalam kelas. Masing-masing kelompok
membahas 1 permasalahan.
Elaborasi
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk berfikir dan bertindak menurut cara masing-masing dan guru berperan sebagai fasilitator.
·
Siswa berdiskusi menyelesaikan
permasalahan dengan anggota kelompok.
·
Guru berkeliling untuk mengamati,
memotivasi dan memfasilitasi serta membantu siswa yang memerlukan bantuan.
·
Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan /
penyelesaian masalah dan alasan atas jawaban permasalahan di depan kelas.
Kelompok yang lain menanggapi atau mengkomunikasikan hasil kerja kelompok yang
mendapat tugas yang sama.
Konfirmasi
·
Guru memberi penguatan terhadap jawaban
siswa, yaitu dengan mengacu pada jawaban siswa dan melalui tanya jawab membahas penyelesaian
masalah yang seharusnya.
·
Mengacu pada penyelesaian jawaban siswa,
guru dan siswa membuat penegasan atau kesimpulan cara menjumlahkan 2 pecahan
berpenyebut beda.
c. Penutup ( 10 menit )
·
Guru dan siswa membuat penegasan atau
kesimpulan cara menentukan hasil penjumlahan 2 bilangan berbeda penyebut .
·
Guru mengadakan refleksi dengan
menanyakan kepada siswa tentang: hal- hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan
dan pesan selama mengikuti pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru.
H.
Media/Alat
dan Sumber Belajar
a. Lembar permasalahan
b. Lembar tugas
c. Buku matematika untuk kelas IV
I.
Penilaian
a. Penilaian
proses pembelajaran, pada pembelajaran berdasarkan masalah dengan diskusi
kelompok
NO
|
Nama kelompok
|
Perilaku
|
skor
|
keterangan
|
|||
Tanggung jawab
|
kerjasama
|
kedisiplinan
|
kejujuran
|
||||
1
|
A
|
|
|
|
|
|
|
2
|
B
|
|
|
|
|
|
|
3
|
C
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
1. Kolom
perilaku diisi dengan angka sebagai berikut :
1
= sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup,
4 = baik, 5 = amat baik
2. Skor
maksimum = 20
3. Total
skor : skor perolehan x 100
skor maksimal
b.
1.
2.
Salatiga 28 September
2012
Dosen pembimbing Mahasiswa
Wisnu
Kusuma Aji
292009196
Lampiran RPP
1. Lembar
Permasalah untuk Didiskusikan oleh Kelompok
a. Lembar
Permasalahan 1
Lembar
Permasalahan 1
Sebuah keluarga terdiri
dari Ayah, Ibu, Marno, dan Anita. Mereka mempunyai dua buah ‘telur dadar’ untuk
sarapan pagi. Telur dadar yang pertama dibagi secara merata. Kemudian Ibu
membagi ‘telur dadar’ kedua menjadi empat bagian juga, tapi kemudian Ibu
berkata: “Terimakasih, Ibu sudah kenyang. Kalian bisa membagi bagian Ibu untuk
kalian bertiga”. Namun Anita menolak:
“Tidak, ini sudah cukup untukku.” Anita kemudian memberikan pada Marno dan
berkata: “Kamu bagi sama dengan Ayah bagian Ibu ini.” Berapa bagian ‘telur dadar yang diterima masing-masing orang?
b. Lembar
Permasalahan 2
Lembar
Permasalahan 2
Sebuah keluarga
terdiri dari Ayah, Ibu, dan Salsa. Untuk
sarapan pagi, mereka mempunyai dua buah ‘Telur dadar’. Telur dadar yang pertama
dibagi secara merata. Kemudian Ibu membagi ‘Telur dadar’ kedua menjadi tiga
bagian juga, tapi kemudian Ibu berkata: “Terimakasih, Ibu sudah kenyang
separuh bagian Ibu untuk ayah saja”.
Kemudian ibu memberikan pada Ayah separuh bagiannya dari ‘Telur dadar’ kedua. Dengan
senang hati ayah menerima separuh bagian
ibu tadi. Berapa bagian ‘telur dadar’
yang diterima masing-masing orang?
c. Lembar
Permasalahan 3
Lembar
Permasalahan 3
Sekelompok anak yang
terdiri dari Badu, Rais, Eka, Ernin,
Resti, dan Arsya. Mereka mempunyai dua buah
‘Telur dadar’. Telur dadar yang pertama dibagi secara merata. Kemudian Ernin
membagi ‘Telur dadar’ kedua menjadi enam bagian juga, tapi kemudian Ernin
berkata: “Aduh, saya sudah kenyang bagian saya untuk Badu saja karena dia paling
suka ‘Telur dadar’. Kemudian Resti berkata: ”aku juga sudah kenyang bagian saya
untuk Rais dan Eka saja mereka kan laki-laki biasanya suka makan banyak”, kemudian
Resti membagi ‘Telur dadar’ bagiannya menjadi dua bagian lalu diberikan pada
Rais dan Eka. Dengan senang hati Badu, Rais, dan Eka menerima tambahan ‘Telur
dadar’. Berapa bagian ‘Telur dadar’ yang diterima masing-masing anak?
0 komentar:
Posting Komentar