Enjoy your life !!!





Senin, 01 Oktober 2012

RPP TEMATIK KELAS 3

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


                   Nama Sekolah    : SD N Pulutan 01
                   Tema                   :  “ Pengalaman “
                   Kelas / Semester  : III ( tiga )  / 1 ( satu )
                   Alokasi Waktu    :  6 x 35 menit ( enam jam pelajaran  / 210  menit ) 

A.   Standar Kompetensi
IPA
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

     MATEMATIKA

·      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.

IPS
·      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

B.  Kompetensi Dasar
IPA
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olah raga).

     MATEMATIKA
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

IPS
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.

C.  Indikator
IPA
·      Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran.
MATEMATIKA
·      Memecahkan masalah sehari –hari yang melibatkan perkalian dan pembagian.
IPS
·      Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin.

D.  Tujuan Pembelajaran 
IPA
·      Melalui pengamatan gambar siswa dapat membedakan perubahan manusia dari masa bayi sampai masa tua.
·      Melalui penjelasan dari guru siswa dapat menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran (tinggi badan, berat badan, bentuk muka).
MATEMATIKA
·    Melalui pemahaman teks cerita masalah sehari -hari siswa dapat menentukan kalimat matematika perkalian dan pembagian dan menentukan hasil pengerjaan kalimat matematikanya.
·    Melalui “kartu bilangan ” siswa dapat melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.
·    Melalui soal cerita masalah sehari - hari  siswa dapat menyelesaikan operasi hitung
perkalian dan pembagian.
IPS
·      Melalui gerakan tangan kanan, kiri, atas, bawah siswa dapat menyebutkan arah mata angin.
·      Melalui gerakan tangan temannya, siswa dapat menggambarkan delapan arah mata angin.
·      Melalui gambar arah mata angin siswa dapat menentukan simbolnya.
·      Melalui pengamatan lokasi rumah siswa dapat membuat denah rumah dengan menentukan arah mata angin terlebih dahulu.


E.    Materi pokok
IPA
·      Perubahan manusia dari masa bayi sampai masa tua.
Perubahan pada manusia meliputi  perubahan tinggi badan, berat badan, serta bentuk badan.  Ketika kamu masih bayi, selama sembilan bulan ibumu selalu memeriksakan kesehatanmu dan memberimu imunisasi agar pertumbuhan dan kesehatanmu tetap terjaga. Tubuhmu pun tidak hanya bertambah uku- rannya, tetapi semakin lama kepintaranmu pun semakin bertambah. Ketika bayi, kamu tidak dapat berbicara. Setelah besar, kamu dapat berbicara. Ketika sudah besar, kamu akan berubah menjadi sosok yang dewasa. Cara berbicaramu tidak seperti anak-anak, melainkan sudah seperti orang dewasa. Perubahan manusia dari bayi menjadi orang yang dewasa disebut perkembangan.

Pertumbuhan manusia ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat badan. Dengan demikian, jika usiamu bertambah, ukuran tubuhmu pun akan bertambah. Selain ukuran tubuh, ke pintaranmu akan bertambah pula. Namun, pertumbuhan manusia akan berhenti pada usia tertentu.

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pertumbuhan dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya, makanan bergizi, kesehatan, istirahat, olahraga dan hiburan.

MATEMATIKA
·        Perkalian
v Perkalian dengan penjumlahan berulang
      5 x 4 = 4 +4+ 4+4+4 = 20
v Perkalian dengan cara mendatar


ü    6  x 10 = 6
 

ü 4 x 11
4 x 11     = 4 x ( 10 + 1  )
               =( 4  x 10 ) + ( 4 x 1 )
               =      40      +      4
               = 44
·        Pembagian dengan pengurangan berulang
24 : 6 = 4
24 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0
·        Pembagian 


26 : 2 = 13 



IPS
§  Arah mata angin
·         Denah
Denah merupakan gambar lokasi suatu tempat yang sempit tanpa melakukan pengukuran langsung.
Contoh denah

Metode Pembelajaran
Metode : pengamatan gambar
Pendekatan :  kontekstual
·         Tanya jawab
·         Pengamatan gambar
·         Pemberian tugas
·         Ceramah

  1. Langkah – langkah kegiatan 
Kegiatan awal   
  • Guru memulai pembelajaran dengan memberikan salam dan  berdoa
  • Guru menanyakan kabar dan kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
  • Melakukan absensi serta mempersiapkan materi ajar.
  • Guru memberikan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Anak Sehat”
·         Guru menanyakan pada siswa apakah dari bayi sampai sekarang kalian mengalami pertumbuhan dan perkembangan? Semakin hari bertambah besar atau tetap kecil ? Mengapa semakin hari semakin bertambah besar ?

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti
·      Guru menunjukkan gambar pertumbuhan tubuh manusia. (eksplorasi)
·      Siswa mengamati gambar perubahan tubuh manusia dan menyebutkan perbedaan yang terjadi. (elaborasi) / (disiplin, ketelitian, tanggung jawab )
  • Guru membagikan teks cerita “ Tamasya ke Kebun Binatang “ pada setiap siswa . ( disiplin , tanggung jawab , ketelitian keberanian )
  • Beberapa orang siswa ditunjuk untuk membacakan cerita saling bergantian dan secara berurutan ( eksplorasi ) / (disiplin , tanggung jawab , kerjasama , tekun , berani )
  • Setelah siswa selesai membaca cerita guru melakukan tanya jawab mengenai pengalaman atau kejadian yang terjadi pada cerita tersebut.( ekplorasi ) / (tanggung jawab , ketelitian kerjasama , toleransi )
·         Melalui tokoh dalam cerita yang disebutkan siswa, guru menjelaskan perubahan yang terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan manusia. (elaborasi) / (disiplin,percaya diri)
·         guru menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  • Siswa satu persatu mengambil dua buah kartu bilangan yang disediakan. ( elaborasi ) / (disiplin , tekun , keberanian tanggung jawab )
  • Setiap siswa menuliskan kartu bilangan yang di dapat kemudian melakukan operasi hitung perkalian atau pembagian. ( elaborasi ) / (disiplin , tekun , keberanian tanggung jawab )
  • Siswa mengerjakan perhitungan tersebut dengan bimbingan guru. (elaborasi) / ( keberanian, rasa ingin tahu, percaya diri )
  • Setelah siswa selesai membaca ulang teks cerita guru memberikan penjelasan dan melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai operasi hitung yang ada dalam teks bacaan. ( elaborasi ) / ( tekun , teliti , disiplin , tanggung jawab )
  • Salah satu siswa maju kedepan untuk menghitung berapa jumlah kaki singa yang ada di dalam kandang pada teks bacaan “Tamasya ke Kebun Binatang” ( konfirmasi ) / ( keberanian , tekun , teliti percaya diri )
  • Salah satu siswa menghitung didepan berapa uang yang harus dibayar Ucil kepada penjual kacang?. ( konfirmasi ) /(percaya diri , teliti , keberanian tanggung jawab )
  • Siswa menyanyikan lagu “arah mata angin” lalu menyebutkan nama - nama arah mata angin. ( eksplorasi) / ( percaya diri, keberanian )
  • Siswa menyebutkan delapan arah mata angin dari pengamatan gerakan tangan guru.( elaborasi) / ( disiplin, keberanian, rasa ingin tahu )
  • Siswa menggambarkan arah mata angin dan simbolnya dengan benar di buku. (elaborasi) / (teliti, disiplin)
  • Guru menunjukkan denah rumah yang telah dibuat.
  • Siswa menggambarkan denah rumah dengan arah mata angin yang benar. ( elaborasi ) / ( disiplin, teliti, tanggung jawab )
  • Guru bersama siswa melakukan umpan balik positif ( meluruskan kesalahpahaman materi ) ( konfirmasi ) ( disiplin, tanggung jawab ,ketelitian )
Kegiatan penutup
  • Guru membagikan lembar kerja siswa
  • Siswa mengumpulkan lembar kerja siswa yang sudah dikerjakan untuk penilaian .
  • Guru memberikan motivasi yang berkaitan dengan materi yang dipelajari .
  • Guru menutup pembelajaran dengan salam

G.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
-          ROSITAWATY, S.2008.   “Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3” : untuk Kelas III  Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
-          Fajariya , Nur . 2008 “ cerdas  Berhitung matematika “ : untuk SD / MI Kelas III. Jakarta : CV Putra Nugraha 
-          Asy’ ari dkk  .2007. IPS: untuk SD/MI kelas III. Jakarta  : PT gelora aksara pratama
H.      Alat Dan Bahan
Gambar pertumbuhan manusia.
Kartu bilangan.
Teks cerita “ Tamasya ke Kebun Binatang “
I.         PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
 IPA :
§  Membedakan perubahan manusia dari bayi sampai dewasa.


Matematika :
§ Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian



IPS :
·       Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin.


Tes tertulis


Uraian

Sebutkan 3 faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan !

Adi diminta membeli kue oleh ibunya sampai diwarung adi membeli 3 kue 1 kue seharga 300 rupiah .berapa uang yang harus dibayarkan adi kepada penjualnya ? 

 Buatlah denah rumah tempat tinggalmu dengan menentukan arah mata angin yang benar !

  1. Prosedur Tes
§  Tes dalam proses
§  Tes akhir
  1. Jenis tes
§  Lisan
§  Tertulis
  1. Bentuk tes
§  Isian 
Rumus
§  Nilai = x 100


Menyetujui
Guru Tematik Kelas III


Bakhrodin S.Pd
NIP. 19601206 198405 1 001




Salatiga, 27 September  2012
Praktikan


 Wisnu Kusuma Aji  
NIM. 292009196





Mengetahui,
Kepala Sekolah

Juhartono, S.Pd
NIP. 19600708 197911 1 003 

0 komentar: