Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SD N Pulutan 01
Tema : “ Pengalaman
“
Kelas / Semester : III ( tiga )
/ 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit ( enam jam
pelajaran / 210 menit )
A. Standar Kompetensi
IPA
· Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada makhluk hidup.
MATEMATIKA
· Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka.
IPS
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
B. Kompetensi Dasar
IPA
· Mendeskripsikan perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olah raga).
MATEMATIKA
· Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
IPS
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
C. Indikator
IPA
·
Menafsirkan
perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran.
MATEMATIKA
·
Memecahkan
masalah sehari –hari yang melibatkan perkalian dan pembagian.
IPS
·
Membuat denah
rumah siswa dengan menentukan arah mata angin.
D. Tujuan Pembelajaran
IPA
· Melalui pengamatan gambar siswa dapat membedakan
perubahan manusia dari masa bayi sampai masa tua.
· Melalui penjelasan dari guru siswa dapat menafsirkan
perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran (tinggi badan, berat badan,
bentuk muka).
·
Melalui pemahaman teks cerita masalah sehari -hari
siswa dapat menentukan kalimat
matematika perkalian dan pembagian dan menentukan hasil pengerjaan kalimat
matematikanya.
·
Melalui “kartu bilangan ” siswa dapat melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.
·
Melalui soal
cerita masalah sehari - hari siswa dapat menyelesaikan operasi hitung
perkalian dan pembagian.
IPS
· Melalui gerakan tangan kanan, kiri, atas, bawah
siswa dapat menyebutkan arah mata angin.
· Melalui gerakan tangan temannya, siswa dapat
menggambarkan delapan arah mata angin.
· Melalui gambar arah mata angin siswa dapat
menentukan simbolnya.
· Melalui pengamatan lokasi rumah siswa dapat
membuat denah rumah dengan menentukan arah mata angin terlebih dahulu.
E. Materi
pokok
IPA
· Perubahan manusia dari masa bayi sampai masa tua.
Perubahan pada manusia
meliputi perubahan tinggi badan, berat
badan, serta bentuk badan. Ketika kamu
masih bayi, selama sembilan bulan ibumu selalu memeriksakan kesehatanmu dan
memberimu imunisasi agar pertumbuhan dan kesehatanmu tetap terjaga. Tubuhmu pun
tidak hanya bertambah uku- rannya, tetapi semakin lama kepintaranmu pun semakin
bertambah. Ketika bayi, kamu tidak dapat berbicara. Setelah besar, kamu dapat
berbicara. Ketika sudah besar, kamu akan berubah menjadi sosok yang dewasa.
Cara berbicaramu tidak seperti anak-anak, melainkan sudah seperti orang dewasa.
Perubahan manusia dari bayi menjadi orang yang dewasa disebut perkembangan.
Pertumbuhan manusia ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat badan.
Dengan demikian, jika usiamu bertambah, ukuran tubuhmu pun akan bertambah.
Selain ukuran tubuh, ke pintaranmu akan bertambah pula. Namun, pertumbuhan
manusia akan berhenti pada usia tertentu.
Faktor Pertumbuhan dan
Perkembangan Manusia
Pertumbuhan dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, di
antaranya, makanan bergizi, kesehatan, istirahat, olahraga dan hiburan.
MATEMATIKA
·
Perkalian
v Perkalian dengan penjumlahan berulang
5 x 4 = 4 +4+ 4+4+4 = 20
v Perkalian dengan cara mendatar
ü
6 x 10 = 60
ü 4 x 11
4 x 11 = 4 x ( 10 + 1 )
=( 4 x 10 ) + ( 4 x 1 )
= 40
+ 4
= 44
·
Pembagian
dengan pengurangan berulang
24 : 6 = 4
24 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0
·
Pembagian
26
: 2 = 13
IPS
§ Arah mata angin
·
Denah
Denah merupakan gambar lokasi
suatu tempat yang sempit tanpa melakukan pengukuran langsung.
Contoh denah
Metode Pembelajaran
Metode :
pengamatan gambar
Pendekatan
: kontekstual
·
Tanya jawab
·
Pengamatan
gambar
·
Pemberian
tugas
·
Ceramah
- Langkah – langkah kegiatan
Kegiatan awal
- Guru memulai pembelajaran dengan memberikan salam dan berdoa
- Guru menanyakan kabar dan kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
- Melakukan absensi serta mempersiapkan materi ajar.
- Guru memberikan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Anak Sehat”
·
Guru
menanyakan pada siswa apakah dari bayi sampai sekarang kalian mengalami
pertumbuhan dan perkembangan? Semakin hari bertambah besar atau tetap kecil ? Mengapa semakin hari
semakin bertambah besar ?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan
inti
· Guru menunjukkan gambar pertumbuhan tubuh manusia.
(eksplorasi)
· Siswa mengamati gambar perubahan tubuh manusia dan
menyebutkan perbedaan yang terjadi. (elaborasi)
/ (disiplin, ketelitian, tanggung jawab )
- Guru membagikan teks cerita “ Tamasya ke Kebun Binatang “ pada setiap siswa . ( disiplin , tanggung jawab , ketelitian keberanian )
- Beberapa orang siswa ditunjuk
untuk membacakan cerita saling bergantian dan secara berurutan (
eksplorasi ) / (disiplin , tanggung jawab , kerjasama
, tekun , berani )
- Setelah
siswa selesai membaca cerita guru melakukan tanya jawab mengenai pengalaman atau kejadian yang terjadi
pada cerita tersebut.( ekplorasi ) / (tanggung
jawab , ketelitian kerjasama , toleransi )
·
Melalui tokoh
dalam cerita yang disebutkan siswa, guru menjelaskan perubahan yang terjadi
pada pertumbuhan dan perkembangan manusia. (elaborasi) / (disiplin,percaya
diri)
·
guru
menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
manusia.
- Siswa satu persatu mengambil dua buah kartu
bilangan yang disediakan. ( elaborasi ) / (disiplin
, tekun , keberanian tanggung jawab )
- Setiap siswa menuliskan kartu bilangan yang
di dapat kemudian melakukan operasi hitung perkalian atau pembagian. ( elaborasi ) / (disiplin , tekun , keberanian tanggung
jawab )
- Siswa mengerjakan perhitungan tersebut dengan
bimbingan guru. (elaborasi) / (
keberanian, rasa ingin tahu, percaya diri )
- Setelah
siswa selesai membaca ulang teks
cerita guru memberikan penjelasan dan melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai operasi hitung
yang ada dalam teks bacaan. ( elaborasi ) / (
tekun , teliti , disiplin , tanggung jawab )
- Salah
satu siswa maju kedepan untuk menghitung berapa jumlah kaki singa
yang ada di dalam kandang pada
teks bacaan “Tamasya ke Kebun Binatang” (
konfirmasi ) / ( keberanian , tekun , teliti percaya
diri )
- Salah satu siswa menghitung didepan berapa uang yang harus dibayar Ucil kepada penjual kacang?. ( konfirmasi ) /(percaya diri , teliti , keberanian tanggung jawab )
- Siswa menyanyikan lagu “arah mata angin” lalu menyebutkan nama - nama arah mata angin. ( eksplorasi) / ( percaya diri, keberanian )
- Siswa menyebutkan delapan arah mata angin dari pengamatan gerakan tangan guru.( elaborasi) / ( disiplin, keberanian, rasa ingin tahu )
- Siswa menggambarkan arah mata angin dan simbolnya dengan benar di buku. (elaborasi) / (teliti, disiplin)
- Guru menunjukkan denah rumah yang telah dibuat.
- Siswa menggambarkan denah rumah dengan arah
mata angin yang benar. ( elaborasi )
/ ( disiplin, teliti, tanggung jawab )
- Guru bersama siswa melakukan umpan balik positif ( meluruskan kesalahpahaman materi ) ( konfirmasi ) ( disiplin, tanggung jawab ,ketelitian )
Kegiatan penutup
- Guru membagikan lembar kerja siswa
- Siswa mengumpulkan lembar kerja siswa yang sudah dikerjakan untuk penilaian .
- Guru memberikan motivasi yang berkaitan dengan materi yang dipelajari .
- Guru menutup pembelajaran
dengan salam
G.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
-
ROSITAWATY, S.2008.
“Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3” : untuk Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta :
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
-
Fajariya , Nur . 2008 “
cerdas Berhitung matematika “ : untuk SD
/ MI Kelas III. Jakarta : CV Putra Nugraha
-
Asy’ ari dkk .2007. IPS: untuk SD/MI kelas III. Jakarta : PT gelora aksara
pratama
H. Alat Dan Bahan
Gambar pertumbuhan
manusia.
Kartu bilangan.
Teks cerita “ Tamasya ke
Kebun Binatang “
I.
PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
IPA :
§ Membedakan perubahan manusia dari bayi sampai
dewasa.
Matematika :
§
Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
IPS :
· Membuat
denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Sebutkan
3 faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan !
Adi diminta membeli kue oleh ibunya sampai diwarung adi membeli 3 kue 1 kue seharga 300 rupiah .berapa uang yang harus dibayarkan adi kepada penjualnya ?
Buatlah denah rumah tempat tinggalmu dengan
menentukan arah mata angin yang benar !
|
- Prosedur
Tes
§
Tes
dalam proses
§
Tes
akhir
- Jenis
tes
§
Lisan
§
Tertulis
- Bentuk
tes
§
Isian
Rumus
§ Nilai = x 100
Menyetujui
Guru Tematik Kelas III
Bakhrodin S.Pd
NIP. 19601206 198405 1 001
|
Salatiga, 27 September
2012
Praktikan
Wisnu
Kusuma Aji
NIM. 292009196
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Juhartono, S.Pd
NIP. 19600708 197911 1 003
0 komentar:
Posting Komentar