RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD
Negeri Pulutan 01
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Menulis
4. mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat
undangan, dan dialog tertulis.
B. Kompetensi Dasar
4.1 menuliskan karangan berdasarkan pengalaman
dengan memperhatikan kata dan penggunaan ejaan.
C.
Indikator
4.1.1 Mampu menyusun kerangka karangan.
4.1.2 Mampu mengembangkan
kerangka karangan.
D. Tujuan
Pembelajaran
@
Melalui tanya
jawab siswa dapat menjelaskan langkah – langkah dalam membuat kerangka
karangan.
@
Menyusun
kerangka karangan dari teks bacaan yang di dengar.
@
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat mengurutkan kalimat acak yang disusun menjadi
karangan yang runtut.
@
Mengembangkan
kerangka karangan yang telah disusun menjadi karangan yang utuh.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, kerja
sama, rasa ingin tahu , mandiri dan tanggung jawab.
E.
Materi Ajar
Penulisan
karangan.
Langkah
– langkah dalam menyusun kerangka karangan.
F.
Metode Pembelajaran
@ Tanya jawab
@ Diskusi kelompok
@ Pemberian Tugas
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
@ Kegiatan
Awal ( 10 menit )
·
Salam pembuka,
presensi, dan doa.
·
Menanyakan
kabar dan kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran. (disiplin)
·
Apersepsi :
Guru menanyakan pada siswa : “ Siapa yang pernah menulis sebuah karangan?”
(eksplorasi)
·
Tanya jawab tentang materi yang
akan dipelajari (eksplorasi) / (rasa
ingin tahu)
-
Siapa yang
tahu langkah – langkah dalam menyusun kerangka karangan?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
@ Kegiatan
Inti ( 50 menit )
·
Guru dan
siswa bertanya jawab mengenai langkah – langkah menyusun kerangka karangan.
(eksplorasi) / (rasa ingin tahu,kerjasama)
·
Guru menyajikan sebuah karangan yang
berjudul “ Perawatan Akibat Thypus ”. (konfirmasi)
·
Siswa mendengarkan karangan yang dibacakan guru. (elaborasi) / (disiplin, tanggung jawab)
·
Siswa menyusun kerangka karangan dari teks bacaan yang
didengar.
(elaborasi) / (mandiri, rasa ingin tahu)
·
Guru membagikan karangan yang masih diacak kalimatnya
pada setiap kelompok.
·
Siswa
menyusun kalimat acak menjadi karangan yang utuh dan runtut dalam kegiatan kerja kelompok. (elaborasi) / (rasa ingin tahu. Kerjasama)
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok. (elaborasi) / (disiplin, mandiri, tanggung jawab)
·
Siswa
menyusun kerangka karangan kemudian mengembangkan kerangka karangan tersebut
menjadi karangan yang utuh.(elaborasi) / (disiplin, tanggung jawab)
·
Guru
melakukan umpan balik positif , meluruskan kesalahpahaman (konfirmasi)
·
Guru bersama
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari (konfirmasi) /
(tanggung jawab, kerjasama)
@ Kegiatan
Penutup (10 menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
cara menyusun kerangka karangan
dan mengembangkan kerangka karangan menjadi
karangan yang utuh.
·
Motivasi dan
salam penutup.
H.
Alat / Bahan dan Sumber Belajar
Media
: teks contoh karangan
@ Papan tulis, kapur, penghapus papan tulis.
@ Buku BSE Bahasa Indonesia kelas V SD/MI.
Umri Nur’aini & Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan
MI Kelas V. Halaman 35 – 37. Penerbit : Depdiknas.
@ Teks karangan “Perawatan
Akibat Thypus ”
@ Lembar penilaian.
I.
Penilaian
a. Prosedur : Tes Akhir.
b. Jenis : Tes
Tertulis.
c. Alat tes : Soal, kunci jawaban, kriteria penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen /soal
|
· Menyusun kerangka karangan.
·
Mengembangkan kerangka karangan
yang telah disusun menjadi karangan yang utuh.
|
Tugas individu
|
· Tugas unjuk kerja
· Tes tertulis
|
· Dengarkan karangan yang
berjudul “Perawatan Akibat
Thypus ” kemudian buatlah kerangka
karangannya !
·
Buatlah kerangka karangan
kemudian kembangkan kerangka karangan tersebut dengan kalimat sendiri menjadi
karangan utuh.
|
Catatan :
Nilai =
Jumlah skor x 10
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Menyetujui Salatiga,
13 Oktober 2012
Guru Pamong Kelas V
Aris Munandar Wisnu
Kusuma Aji
NIP.
19871212 201001 1 003 NIM.
292009196
Mengetahui
Kepala Sekolah
Juhartono, S.Pd
NIP.
19600708 197911 1 003
LAMPIRAN
MATERI
A.
Karangan
Karangan adalah bentuk tulisan yang
mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang
utuh. Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pemikiran atau ungkapan perasaan
ke dalam bentuk tulisan yang teratur.
B.
Kerangka Karangan
Hasil rangkaian (susunan) kerangka
karangan adalah rencana kerja, yang memuat garis besar suatu karangan. Manfaat
dari suatu kerangka karangan adalah: a. Memudahkan penyusunan karangan sehingga
karangan menjadi lebih sistematis dan teratur. b. Memudahkan penempatan antara
bagian karangan yang penting dengan yang tidak penting. c. Menghindari
timbulnya pengulangan bahasa. d. Membantu pengumpulan data dan sumber-sumber
yang diperlukan.
C.
Langkah –
langkah dalam membuat kerangka karangan.
1. Pilihlah tema yang menarik dari berbagai peristiwa
yang kamu alami.
2.
Tentukan
beberapa topik. Topik merupakan rincian dari tema yang dipilih. Dari tema yang
dipilih dapat ditentukan beberapa topik. Topik jangan terlalu luas agar mudah
untuk dikembangkan.
3. Meneliti hubungan antara tema dan topik – topik
yang telah ditulis.
4. Menentukan judul yang sesuai.
D.
Langkah-langkah Menulis Karangan
a. Menentukan tema.
Tema adalah sesuatu yang menjadi
dasar cerita. Tema selalu berkaitan dengan berbagai pengalaman kehidupan,
seperti masalah kesehatan, pariwisata, kesenian, religi, kesedihan, cinta,
kasih sayang. Dalam hal tertentu, tema sering disinonimkan dengan ide atau
tujuan utama cerita.
b. Membuat kerangka karangan.
Membuat kerangka karangan adalah membuat garis
besar karangan yang akan ditulis.
c. Menentukan judul.
d.Mengembangkan paragraf kerangka karangan.
Teks karangan
Perawatan
Akibat Thypus
Waktu
duduk di kelas tiga, aku pernah dirawat di rumah sakit selama seminggu. Aku
dirawat karena sakit gejala Typhus. Itu kali pertama aku sakit Typhus
dan dirawat di rumah sakit.
Saat
pertama sakit, aku hanya merasakan suhu badanku naik dan perutku terasa perih.
Saat itu juga, aku juga merasa lidahku terasa pahit. Keesokan harinya, ayahku membawaku
periksa ke dokter. Setelah dokter memeriksa, ia menyimpulkan bahwa aku menderita
gejala Typhus. Karena itu, aku harus dirawat dengan intensif. Dokter
menyarankan supaya aku mendapat rawat inap. Saat itu juga ayahku memutuskan
agar aku mendapat perawatan intensif.
Aku
dirawat di ruangan khusus. Selama masa perawatan, aku harus menjaga pola makan
dan istirahat yang cukup. Pantangan yang harus dilakukan selama perawatan
adalah menghindari makanan yang terlalu keras, pedas, asam dan asin, serta
tidak boleh banyak bergerak.
Teman-temanku
mulai menjengukku sejak hari pertama. Mereka semua mendoakanku agar cepat
sembuh. Setelah seminggu dirawat di rumah sakit, akhirnya aku diperbolehkan
pulang. Dalam masa pemulihan setelah sakit, aku harus menjaga kesehatan dan
pola makan. Agar kondisi kesehatanku terjaga, aku dianjurkan untuk makan
bergizi dan rajin berolahraga.
Gara – Gara Handphone
Pagi itu
semua siswa kelas V sudah masuk kelas. Jam pelajaran pertama ada ulangan
Matematika. Sebelum ulangan dimulai, Pak Burhan menyampaikan tata tertib. Salah
satunya tidak diperbolehkan mengaktifkan handphone.
Kemudian Pak Burhan segera membagikan soal ulangan. Para siswa pun segera
mengerjakannya dengan tenang. Suasana kelas terasa hening. Pak Burhan memang
terkenal guru yang sangat disiplin.
Satu jam
telah berlalu. Murid – murid masih tampak sibuk mengerjakan soal ulangan. Pak
Burhan tampak mondar – mandir mengamati siswa. Di tengah –tengah keheningan,
tiba – tiba terdengar suara dering handphone
cukup keras. Semua siswa pun terperanjat. Suara handphone terdengar jelas dari tempat duduk Arul. Pak Burhan pun mendekati Arul. Tanpa
banyak bicara Pak Burhan meminta hasil ulangan Arul dan menyuruhnya keluar.
Padahal Arul belum selesai mengerjakannya. Itulah akibat yang diterima Arul karena tidak
mematuhi tata tertib.
LEMBAR KERJA KELOMPOK
Nama kelompok :
1. 4.
2. 5.
3.
·
Urutkan kalimat
acak dalam setiap paragraf di bawah ini menjadi
cerita yang urut !
·
Tulis
kembali kalimat dalam paragraf yang sudah diurutkan sehingga menjadi karangan
yang utuh !
Judul : Gara – Gara Handphone
Paragraf 1
·
Pak
Burhan memang terkenal guru yang sangat disiplin.
·
Salah
satunya tidak diperbolehkan mengaktifkan handphone.
·
Jam
pelajaran pertama ada ulangan Matematika.
·
Kemudian
Pak Burhan segera membagikan soal ulangan.
·
Pagi itu
semua siswa kelas V sudah masuk kelas.
·
Suasana
kelas terasa hening.
·
Sebelum ulangan
dimulai, Pak Burhan menyampaikan tata tertib.
·
Para
siswa pun segera mengerjakannya dengan tenang.
Paragraf 2
·
Pak
Burhan tampak mondar – mandir mengamati siswa.
·
Pak
Burhan pun mendekati Arul.
·
Satu jam
telah berlalu.
·
Padahal
Arul belum selesai mengerjakannya.
·
Murid –
murid masih tampak sibuk mengerjakan soal ulangan.
·
Semua
siswa pun terperanjat.
·
Tanpa
banyak bicara Pak Burhan meminta hasil ulangan Arul dan menyuruhnya keluar.
·
Di
tengah –tengah keheningan, tiba – tiba terdengar suara dering handphone cukup keras.
·
Itulah akibat yang diterima Arul karena tidak
mematuhi tata tertib.
·
Suara handphone terdengar jelas dari tempat
duduk Arul.
·
Padahal
Arul belum selesai mengerjakannya.
Lampiran Soal
Soal
A. Tulislah kerangka karangan berdasarkan
pengalaman
yang pernah kalian lakukan kemudian tentukan judul yang tepat!
B. Kembangkanlah kerangka karangan yang telah kalian buat dengan menggunakan pilihan kata yang
tepat dan
ejaan yang benar!
Kunci Jawaban
A. 1. Kebijakan guru.
B. 1. Kebijakan guru.
Kriteria Penilaian
A. (Kerangka karangan)
No.
|
Aspek
yang Dinilai (Menyusun
Kerangka Karangan)
|
Skor
Maksimal
|
1
|
Kepaduan antar kerangka karangan
|
15
|
2
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
10
|
3
|
Kesesuaian penentuan judul
|
5
|
Jumlah skor
|
30
|
B. (Isi karangan)
No.
|
Aspek
yang Dinilai (Mengembangkan
Kerangka Karangan)
|
Skor
maksimal
|
1
|
Kesesuaian
isi dengan kerangka karangan
|
25
|
2
|
Penggunaan pilihan kata yang tepat.
|
20
|
3
|
Penggunaan EYD
|
15
|
4
|
Penulisan struktur paragraf
|
10
|
Jumlah skor
|
70
|
Penilaian =
Jumlah skor kerangka karangan + jumlah skor isi karangan = 30 + 70 = 100
4 komentar:
bagus bermanfaat tq
sama-sama semoga bisa sebagai referensi
sangat membantu. terima kasih
terima kasih pak, sangat bermanfaat sebagai referensi saya
Posting Komentar