SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
Kelas :
V (Lima)
Semester / Tahun :
II / 2012 – 2013
Hari / Tanggal :
Senin / 15 Januari 2013
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
Tempat :
Ruang kelas V
Jenis layanan :
Layanan informasi
Bidang bimbingan :
Bimbingan karier
Fungsi layanan :
Pemahaman, pengembangan
Judul / spesifikasi layanan : Menelusuri bakat dan minat
Topik
permasalahan : Jenis
kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai bakat dan minat
A. Tujuan
khusus
v Siswa
dapat menjelaskan bakat dan minat yang ada pada dirinya.
v Siswa
dapat menentukan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minatnya
v Siswa
dapat menjelaskan bakat dan minat yang mendukung karier
B. Materi
-
Bakat dan minat
-
Jenis –jenis kegiatan ekstrakurikuler di
sekolah
-
Hubungan antara bakat dan minat sesuai
jenis ekstrakurikuler dengan karir
(terlampir)
C. Metode
Tanya jawab, diskusi
D. Kegiatan
·
Kegiatan awal
-
Guru pembimbing memberikan salam
dilanjutkan dengan berdoa
-
Apersepsi : guru pembimbing bertanya
mengenai hobi siswa.
-
Guru menyampaikan topik dan tujuan yang
akan dibahas pada pertemuan kali ini.
·
Kegiatan inti
-
Eksplorasi
Guru
pembimbing menyampaikan sekilas materi
Guru
pembimbing bertanya jawab dengan siswa mengenai bakat dan minat serta kegiatan
ekstrakurikuler di sekolah.
-
Elaborasi
Siswa
melakukan diskusi kelompok.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi.
-
Konfirmasi
Guru pembimbing
memberikan tips –tips agar berprestasi dalm kegiatan ekstrakurikuler.
Guru pembimbing
memberikan angket untuk diisi oleh siswa.
·
Kegiatan akhir
-
Guru pembimbing dan
siswa membuat kesimpulan atas pelajaran yang dilakukan.
-
Guru pembimbing
merefleksikan informasi yang diberikan yang berkaitan dengan bakat dan minat.
E.
Alat dan Media
Hand out materi
Angket
Lembar diskusi kelompok
F.
Rencana penilaian
dan Tindak lanjut
Penilaian proses
Mengamati perhatian, respon siswa
saat mengikuti kegiatan layanan, dan keaktifan siswa selama diskusi kelompok
Penilaian hasil
1.
Laiseg ( penilaian
segera )
Memberikan
pertanyaan lisan secara acak kepada siswa setelah diskusi
2.
Laijapen ( penilaian
jangka pendek )
Memantau siswa
apakah sudah mulai memahami bakat dan minat melalui partisipasi dalam kegiatan
ekstrakurikuler
3.
Laijapang (
penilaian jangka panjang )
Melakukan interview
apakah siswa sudah mulai menyalurkan bakat dan minat ke kegiatan ekstrakurikuler
di sekolah
Tindak lanjut :
membantu memotivasi siswa yang belum mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai
bakat dan minat.
G.
Biaya dan Sumber
Rp 2.000 untuk fotocopy angket,
diambil dari dana operasional sekolah
H.
Keterkaitan layanan
ini dengan kegiatan pendukung
I.
Buku Sumber
Salatiga, 14
Januari 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
pembimbing
Lampiran Materi Bimbingan
Klasikal
Layanan : layanan informasi
Bidang bimbingan : bimbingan
karier
Bakat dan Minat
Bakat merupakan
kualitas yang dimiliki oleh semua orang dalam tingkat yang beragam.
Bakat adalah
suatu anugerah yang diberikan kepada setiap anak. Bakat adalah keajaiban yang
tersimpan secara genetik, yang akan muncul bersinar dan mencapai potensinya
yang maksimal bila dikembangkan dengan cara yang tepat. (Andyda Meliala, Anak
ajaib Temukan dan kembangkan keajaiban anak anda melalui kecerdasan majemuk,
Penerbit Andi Yogyakarta, 2004, hal 1)
Minat merupakan
pemusatan perhatian atau reaksi terhadap suatu obyek seperti benda
tertentu atau situasi tertentu yang
didahului oleh perasaan senang terhadap obyek tersebut
Jenis –jenis kegiatan
ekstrakurikuler di SD
Pramuka, PMR (dokter kecil), seni
tari, seni gambar, seni musik, olahraga
Kaitan
antara Ekstrakurikuler
dan Jenis Karir
Kegiatan
ekstrakurikuler pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa
dalam bidang-bidang yang diminatinya, sebagai upaya untuk megembangkan minat
dan bakat siswa, menyalurkan hobi siswa, yang akhirnya mengembangkan kemampuan
siswa dalam sisi fisik, psikis,dan skills
untuk diterapkan dalam jenis karir yang kelak dipilihnya.
Terdapat
keterkaitan antara jenis ekstrakurikuler dengan bidang karir/ pekerjaan yang
ada dalam masyarakat. Keterkaitan ini tampak dalam kekhususan pembinaaan dalam
ekstrakurikuler yang bisa diterapkan
dalam bidang-bidang pekerjaan/karir yang berkembang dewasa ini. Sebagai contoh
adalah sebagai berikut :
- Pramuka : ABRI, polisi, kepemerintahan, dll.
- PMR : Paramedis, dokter,
perawat kesehatan, apoteker,dll.
- Seni tari : penari, guru tari
- Seni gambar
: seniman, guru seni rupa
- Seni musik : musisi, guru seni musik
- Olahraga : guru olahraga, atlit, pelatih
Tips –tips agar
berprestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler
1.
Cari ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minatmu
2.
Minta dukungan dari orang tua dan teman-teman
3.
Disiplin dalam mengikuti setiap kegiatan
4.
Kenali kegiatan ekstrakurikulermu
5.
Cobalah sesuatu yang baru
6.
Maju dan pantang menyerah
Angket Kegiatan Ekstrakurikuler
Setelah mengetahui
jenis-jenis ekstrakurikuler yang ada di sekolahku, maka saya :
Nama ;
……………………………………………..
Kelas ; ……………………………………………..
Alamat
Rumah :
........................................................................
Memutuskan untuk mengikuti kegiatan ekstra
kurikuler :
…………………………………………………………
Alasannya
adalah ……………………………………………………………
Salatiga, ………………….
Siswa
Pedoman Diskusi Kelompok
1.
Apakah kalian mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler di sekolah sesuai dengan keinginan kalian atau hanya ikut
–ikutan teman yang lain ?
2.
Melalui kegiatan apa kalian
mengembangkan bakat dan minat selain ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler ?
3.
Hal – hal apa saja yang kalian
lakukan agar bakat dan minat kalian dapat berkembang baik dalam kegiatan
ekstrakurikuler ?
4.
Siapa yang mendorong dan mendukung kalian mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler ?
5.
Apakah manfaat mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler ?
0 komentar:
Posting Komentar