Enjoy your life !!!





Kamis, 09 Agustus 2012

SATLAN BK SD KELAS V

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Kelas                           : V (Lima)
Semester / Tahun         : II / 2012 – 2013
Hari / Tanggal             : Senin / 15 Januari 2013
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit
Tempat                        : Ruang kelas V
Jenis layanan               : Layanan informasi
Bidang bimbingan       : Bimbingan karier
Fungsi layanan            : Pemahaman, pengembangan
Judul / spesifikasi layanan       : Menelusuri bakat dan minat
Topik permasalahan                : Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai bakat dan minat
A.    Tujuan khusus
v  Siswa dapat menjelaskan bakat dan minat yang ada pada dirinya.
v  Siswa dapat menentukan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minatnya
v  Siswa dapat menjelaskan bakat dan minat yang mendukung karier
B.     Materi
-          Bakat dan minat
-          Jenis –jenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
-          Hubungan antara bakat dan minat sesuai jenis ekstrakurikuler dengan karir
(terlampir)
C.     Metode
Tanya jawab, diskusi
D.    Kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Guru pembimbing memberikan salam dilanjutkan dengan berdoa
-          Apersepsi : guru pembimbing bertanya mengenai hobi siswa.
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan yang akan dibahas pada pertemuan kali ini.
·         Kegiatan inti
-          Eksplorasi
Guru pembimbing menyampaikan sekilas materi
Guru pembimbing bertanya jawab dengan siswa mengenai bakat dan minat serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
-          Elaborasi
Siswa melakukan diskusi kelompok.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
-          Konfirmasi
Guru pembimbing memberikan tips –tips agar berprestasi dalm kegiatan ekstrakurikuler.
Guru pembimbing memberikan angket untuk diisi oleh siswa.
·         Kegiatan akhir
-          Guru pembimbing dan siswa membuat kesimpulan atas pelajaran yang dilakukan.
-          Guru pembimbing merefleksikan informasi yang diberikan yang berkaitan dengan bakat dan minat.

E.     Alat dan Media
Hand out materi
Angket
Lembar diskusi kelompok
F.      Rencana penilaian dan Tindak lanjut
Penilaian proses
Mengamati perhatian, respon siswa saat mengikuti kegiatan layanan, dan keaktifan siswa selama diskusi kelompok
Penilaian hasil
1.      Laiseg ( penilaian segera )
Memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada siswa setelah diskusi
2.      Laijapen ( penilaian jangka pendek )
Memantau siswa apakah sudah mulai memahami bakat dan minat melalui partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler
3.      Laijapang ( penilaian jangka panjang )
Melakukan interview apakah siswa sudah mulai menyalurkan bakat dan minat ke kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
Tindak lanjut : membantu memotivasi siswa yang belum mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat.
G.    Biaya dan Sumber
Rp 2.000 untuk fotocopy angket, diambil dari dana operasional sekolah

H.    Keterkaitan layanan ini dengan kegiatan pendukung



I.       Buku Sumber
Salatiga, 14 Januari 2013
Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru pembimbing

Lampiran Materi Bimbingan Klasikal
Layanan : layanan informasi
Bidang bimbingan : bimbingan karier
Bakat dan Minat
Bakat merupakan kualitas yang dimiliki  oleh semua orang dalam tingkat yang beragam.
Bakat adalah suatu anugerah yang diberikan kepada setiap anak. Bakat adalah keajaiban yang tersimpan secara genetik, yang akan muncul bersinar dan mencapai potensinya yang maksimal bila dikembangkan dengan cara yang tepat. (Andyda Meliala, Anak ajaib Temukan dan kembangkan keajaiban anak anda melalui kecerdasan majemuk, Penerbit Andi Yogyakarta, 2004, hal 1)
Minat merupakan pemusatan perhatian atau reaksi terhadap suatu obyek seperti benda tertentu  atau   situasi   tertentu  yang  didahului oleh  perasaan   senang terhadap obyek tersebut

Jenis –jenis kegiatan ekstrakurikuler di SD
Pramuka, PMR (dokter kecil), seni tari, seni gambar, seni musik, olahraga
Kaitan antara Ekstrakurikuler dan Jenis Karir
          Kegiatan ekstrakurikuler pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang-bidang yang diminatinya, sebagai upaya untuk megembangkan minat dan bakat siswa, menyalurkan hobi siswa, yang akhirnya mengembangkan kemampuan siswa dalam sisi fisik, psikis,dan skills  untuk diterapkan dalam jenis karir yang kelak dipilihnya.
          Terdapat keterkaitan antara jenis ekstrakurikuler dengan bidang karir/ pekerjaan yang ada dalam masyarakat. Keterkaitan ini tampak dalam kekhususan pembinaaan dalam ekstrakurikuler yang  bisa diterapkan dalam bidang-bidang pekerjaan/karir yang berkembang dewasa ini. Sebagai contoh adalah sebagai berikut :
  1. Pramuka          :  ABRI, polisi, kepemerintahan, dll.
  2. PMR                :  Paramedis, dokter, perawat kesehatan, apoteker,dll.
  3. Seni tari           : penari, guru tari
  4. Seni gambar    : seniman, guru seni rupa
  5. Seni musik       : musisi, guru seni musik
  6. Olahraga          : guru olahraga, atlit, pelatih

Tips –tips agar berprestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler

1.    Cari ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minatmu
2.    Minta dukungan dari orang tua dan teman-teman
3.    Disiplin dalam mengikuti setiap kegiatan
4.    Kenali kegiatan ekstrakurikulermu
5.    Cobalah sesuatu yang baru
6.    Maju dan pantang menyerah

Angket Kegiatan Ekstrakurikuler

              Setelah mengetahui jenis-jenis ekstrakurikuler yang ada di sekolahku,  maka saya :

Nama                           ;    ……………………………………………..
Kelas                           ;    ……………………………………………..
Alamat Rumah            :    ........................................................................
Memutuskan untuk mengikuti kegiatan ekstra kurikuler :
…………………………………………………………
Alasannya adalah ……………………………………………………………


                                                                                        Salatiga, ………………….
                                                                                                      
 Siswa



   












Pedoman Diskusi Kelompok

1.      Apakah kalian mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sesuai dengan keinginan kalian atau hanya ikut –ikutan teman yang lain ?

2.      Melalui kegiatan apa kalian mengembangkan bakat dan minat selain ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler ?


3.      Hal – hal apa saja yang kalian lakukan agar bakat dan minat kalian dapat berkembang baik dalam kegiatan ekstrakurikuler ?

4.      Siapa yang mendorong  dan mendukung kalian mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ?


5.      Apakah manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ?

0 komentar: