skip to main |
skip to sidebar
Class G 2009 PGSD UKSW
my beloved class in SMA N 1 SALATIGA
Berbagi sebagai pengingat diri,Pengabdian, Yang terpikirkan yang tertuliskan
Sabtu, 02 Februari 2013
Sabtu, 10 November 2012
PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI SD N PULUTAN 01
Hari ini dengan tanggal yang unik yakni
10 November 2012 jika disingkat menjad
10 11 12. Hari yang spesial bertepatan dengan hari Pahlawan dan aktivitas PPL
di SDN Pulutan 01 Salatiga. Kali ini kesempatan mahasiswa praktikan untuk
melaksanakan tugas sebagai petugas upacara. Kebetulan sekali upacara kali ini
saya dan teman – teman bertugas dengan latihan seadanya sehari sebelumnya. Aku mendapat
tugas sebagai pengibar bendera. Perasaan deg – deg an selalu ada karena ini
tugas yang pernah aku lakukan untuk kedua kalinya selama seumur ini. Takut
bendera terbalik atau ditertawakan murid jika melakukan kesalahan terbayang
pastinya akan menjadi momen yang memalukan. Alhasil upacara berjalan lancar dan
tenang tidak seperti biasanya yang terkadang siswa ribut sendiri. Kali ini
enath kenapa kesambet pesona guru ppl yang bertugas mungkin pada diem dan
serius mengikuti upacara. Suara pemimpin upacara menghempas keheningan pagi
ini. Amanat pembina upacara yang menyampaikan sejarah hari pahlawan yang
terjadi di Surabaya yang merupakan pergolakan senjata antara rakyat Indonesia
dengan tentara sekutu dijelaskan supaya anak – anak benar paham arti dari
perjuangan pahlawan yang diperingati pada hari ini.
MERDEKA
,,,,MERDEKA....MERDEKA,,,
Guru pun juga merupakan pahlawan yag
notabene disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Guru adalah pahlawan di bidang
pendidikan. Harapan untuk semua guru di seluruh Indonesia untuk terus berjuang
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat hari Pahlawan ini.
Nah ini kegiatan saya dan teman –
teman PPL dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan
Selasa, 30 Oktober 2012
RPP KELAS 5 MENULIS KARANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD
Negeri Pulutan 01
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Menulis
4. mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat
undangan, dan dialog tertulis.
B. Kompetensi Dasar
4.1 menuliskan karangan berdasarkan pengalaman
dengan memperhatikan kata dan penggunaan ejaan.
C.
Indikator
4.1.1 Mampu menyusun kerangka karangan.
4.1.2 Mampu mengembangkan
kerangka karangan.
D. Tujuan
Pembelajaran
@
Melalui tanya
jawab siswa dapat menjelaskan langkah – langkah dalam membuat kerangka
karangan.
@
Menyusun
kerangka karangan dari teks bacaan yang di dengar.
@
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat mengurutkan kalimat acak yang disusun menjadi
karangan yang runtut.
@
Mengembangkan
kerangka karangan yang telah disusun menjadi karangan yang utuh.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, kerja
sama, rasa ingin tahu , mandiri dan tanggung jawab.
E.
Materi Ajar
Penulisan
karangan.
Langkah
– langkah dalam menyusun kerangka karangan.
F.
Metode Pembelajaran
@ Tanya jawab
@ Diskusi kelompok
@ Pemberian Tugas
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
@ Kegiatan
Awal ( 10 menit )
·
Salam pembuka,
presensi, dan doa.
·
Menanyakan
kabar dan kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran. (disiplin)
·
Apersepsi :
Guru menanyakan pada siswa : “ Siapa yang pernah menulis sebuah karangan?”
(eksplorasi)
·
Tanya jawab tentang materi yang
akan dipelajari (eksplorasi) / (rasa
ingin tahu)
-
Siapa yang
tahu langkah – langkah dalam menyusun kerangka karangan?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
@ Kegiatan
Inti ( 50 menit )
·
Guru dan
siswa bertanya jawab mengenai langkah – langkah menyusun kerangka karangan.
(eksplorasi) / (rasa ingin tahu,kerjasama)
·
Guru menyajikan sebuah karangan yang
berjudul “ Perawatan Akibat Thypus ”. (konfirmasi)
·
Siswa mendengarkan karangan yang dibacakan guru. (elaborasi) / (disiplin, tanggung jawab)
·
Siswa menyusun kerangka karangan dari teks bacaan yang
didengar.
(elaborasi) / (mandiri, rasa ingin tahu)
·
Guru membagikan karangan yang masih diacak kalimatnya
pada setiap kelompok.
·
Siswa
menyusun kalimat acak menjadi karangan yang utuh dan runtut dalam kegiatan kerja kelompok. (elaborasi) / (rasa ingin tahu. Kerjasama)
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok. (elaborasi) / (disiplin, mandiri, tanggung jawab)
·
Siswa
menyusun kerangka karangan kemudian mengembangkan kerangka karangan tersebut
menjadi karangan yang utuh.(elaborasi) / (disiplin, tanggung jawab)
·
Guru
melakukan umpan balik positif , meluruskan kesalahpahaman (konfirmasi)
·
Guru bersama
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari (konfirmasi) /
(tanggung jawab, kerjasama)
@ Kegiatan
Penutup (10 menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
cara menyusun kerangka karangan
dan mengembangkan kerangka karangan menjadi
karangan yang utuh.
·
Motivasi dan
salam penutup.
H.
Alat / Bahan dan Sumber Belajar
Media
: teks contoh karangan
@ Papan tulis, kapur, penghapus papan tulis.
@ Buku BSE Bahasa Indonesia kelas V SD/MI.
Umri Nur’aini & Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan
MI Kelas V. Halaman 35 – 37. Penerbit : Depdiknas.
@ Teks karangan “Perawatan
Akibat Thypus ”
@ Lembar penilaian.
I.
Penilaian
a. Prosedur : Tes Akhir.
b. Jenis : Tes
Tertulis.
c. Alat tes : Soal, kunci jawaban, kriteria penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen /soal
|
· Menyusun kerangka karangan.
·
Mengembangkan kerangka karangan
yang telah disusun menjadi karangan yang utuh.
|
Tugas individu
|
· Tugas unjuk kerja
· Tes tertulis
|
· Dengarkan karangan yang
berjudul “Perawatan Akibat
Thypus ” kemudian buatlah kerangka
karangannya !
·
Buatlah kerangka karangan
kemudian kembangkan kerangka karangan tersebut dengan kalimat sendiri menjadi
karangan utuh.
|
Catatan :
Nilai =
Jumlah skor x 10
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Menyetujui Salatiga,
13 Oktober 2012
Guru Pamong Kelas V
Aris Munandar Wisnu
Kusuma Aji
NIP.
19871212 201001 1 003 NIM.
292009196
Mengetahui
Kepala Sekolah
Juhartono, S.Pd
NIP.
19600708 197911 1 003
RPP KELAS 6 " PARAFRASE PUISI "
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD N Pulutan
01
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VI
(Enam) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu :
3
x 35 Menit ( 1 x
Pertemuan)
Pelaksanaan : 29 Oktober 2012
I.
STANDAR KOMPETENSI
Menulis
|
:
|
4.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase.
|
II.
KOMPETENSI DASAR
|
:
|
4.3
|
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
memperhatikan makna puisi.
|
III.
INDIKATOR
|
:
|
1.
2.
3.
|
Menjelaskan perbedaan puisi dan prosa.
Mengubah puisi menjadi prosa dengan
tetap memperhatikan makna puisi.
Mengubah prosa menjadi puisi.
|
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran diharapkan anak dapat :
1.
Melalui penjelasan guru,
siswa dapat menyebutkan perbedaan puisi dan prosa.
2.
Menjelaskan langkah –
langkah dalam membuat parafrase puisi.
3.
Melalui identifikasi puisi,
siswa dapat mengubah puisi menjadi prosa dengan menambahkan kata – kata bantu
untuk mempermudah menyusun prosa.
4.
Melalui identifikasi prosa, siswa
dapat mengubah prosa menjadi puisi dengan menghilangkan kata – kata atau
kalimat dalam prosa untuk mempermudah menyusun puisi.
5.
Melalui pemberian tugas,
siswa dapat memparafrasekan puisi dengan memperhatikan makna puisi.
V.
MATERI POKOK
Mengubah
puisi ke dalam bentuk prosa ( parafrase puisi )
VI.
METODE PEMBELAJARAN
·
Pengamatan
·
Diskusi Kelompok
·
Tanya Jawab
·
Ceramah
bervariasi
·
Model Pembelajaran : model kooperatif
VII.
KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
Rasa
Ingin Tahu, Bersahabat, Ketelitian, Tanggung jawab
Senin, 01 Oktober 2012
RPP TEMATIK KELAS 3
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SD N Pulutan 01
Tema : “ Pengalaman
“
Kelas / Semester : III ( tiga )
/ 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit ( enam jam
pelajaran / 210 menit )
A. Standar Kompetensi
IPA
· Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada makhluk hidup.
MATEMATIKA
· Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka.
IPS
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
B. Kompetensi Dasar
IPA
· Mendeskripsikan perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olah raga).
MATEMATIKA
· Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
IPS
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
C. Indikator
IPA
·
Menafsirkan
perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran.
MATEMATIKA
·
Memecahkan
masalah sehari –hari yang melibatkan perkalian dan pembagian.
IPS
·
Membuat denah
rumah siswa dengan menentukan arah mata angin.
D. Tujuan Pembelajaran
IPA
· Melalui pengamatan gambar siswa dapat membedakan
perubahan manusia dari masa bayi sampai masa tua.
· Melalui penjelasan dari guru siswa dapat menafsirkan
perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran (tinggi badan, berat badan,
bentuk muka).
·
Melalui pemahaman teks cerita masalah sehari -hari
siswa dapat menentukan kalimat
matematika perkalian dan pembagian dan menentukan hasil pengerjaan kalimat
matematikanya.
·
Melalui “kartu bilangan ” siswa dapat melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.
·
Melalui soal
cerita masalah sehari - hari siswa dapat menyelesaikan operasi hitung
perkalian dan pembagian.
IPS
· Melalui gerakan tangan kanan, kiri, atas, bawah
siswa dapat menyebutkan arah mata angin.
· Melalui gerakan tangan temannya, siswa dapat
menggambarkan delapan arah mata angin.
· Melalui gambar arah mata angin siswa dapat
menentukan simbolnya.
· Melalui pengamatan lokasi rumah siswa dapat
membuat denah rumah dengan menentukan arah mata angin terlebih dahulu.
Buku Tamu
Masa Muda Masa Terindah
Persahabatan, permusuhan, sedih,senang, suka, duka, Percintaan dan kasih sayang,hal-hal yang tak pernah kembali pada masa ini
teman seperjuangan RS09G
Class G 2009 PGSD UKSW
XII IPA 3

my beloved class in SMA N 1 SALATIGA
Pengikut
wekajunoza. Diberdayakan oleh Blogger.
Quote
" hidup terasa indah ketika dapat bersyukur dan menikmati segala sesuatu yang diberikan Illahi "