Enjoy your life !!!





Sabtu, 17 Januari 2015

ENAM KECERDASAN ERA KONSEPTUAL

           Seiring perkembangan waktu kita hidup di dunia nyata ini pasti dihadapkan akan berbagai perubahan yang terjadi baik di segala bidang kehidupan. Perubahan yang terjadi bisa secara lambat atau cepat sekalipun. Revolusi inilah yang mestinya dipikirkan oleh orang yang hidup di jaman sekarang untuk terus mengkaji perkembangan yang terjadi baik teknologi,informasi dan bidang penghidupan lain supaya tidak terjadi disharmonisasi antara pergerakan perkembangan dan kebutuhan hidup manusia. Sebagai makhluk yang harus beradaptasi memenuhi tuntutan zaman supaya tak tertinggal dan makin tergerus oleh arus globalisasi ini maka manusia dihadapkan oleh tantangan era abad 21.

            Revolusi era yang telah terjadi di abad 21 ini seperti yang diketahui dimulai dari era bercocok tanam hingga sekarang ini yakni era konseptual. Kalau dibuat urutan, menurut Daniel Pink urutan era perubahan sebagai berikut :

            Era Agrikultur >>> Era Industri >>> Era Informasi >>> Era Konseptual
            Abad 18               abad 19           abad 20               abad 21

            Diawali pada abad 18 yang ditandai dengan pertanian dan peternakan yang mendominasi era ini sehingga sebagian besar masyarakat menjadikan ini sebagai mata pencaharian. Era industri ditandai dengan kemajuan dalam mengolah suatu benda dengan melibatkan mesin dan tenaga manusia. Ciri-ciri pokok masa ini adalah kekuatan fisik dan ketrampilan pribadi. Berlanjut ke era informasi yang lebih menitikberatkan arus informasi dan pengetahuan era industri mulai memudar dan era ini ditandai dengan banyak bermunculannya pekerja pengetahuan dengan kecakapan pemikiran otak kiri. Tuntutan zaman yang semakin banyak muncul lagi di abad 21 sekarang yakni era konseptual dimana era ini ditandai dengan penciptaan suatu hal baru yang sebelumnya belum pernah ada dan terbatas. Era ini akan didominasi oleh pekerja yang kemampuan khasnya berkebalikan dengan saat era informasi yakni pekerja dengan pemikiran otak kanan (pekerja seni).

            Pada era konseptual ini, kita sebagai makhluk pembelajaran perlu adanya penalaran lebih yang diarahkan otak kiri dengan memelajari dan menguasai enam kecerdasan yang diarahkan otak kanan. Enam kecerdasan yang menjadi tuntutan di era konseptual ini seperti yang dijelaskan Daniel Pink dalam bukunya Misteri Otak Kanan Manusia yakni :

1.      Tidak hanya fungsi tetapi DISAIN
Menciptakan suatu produk,jasa, gaya hidup, atau pengalaman saja sekarang tidak memadai. Perlu adanya penghargaan personal dalam menciptakan sesuatu yang indah, fantastis, dan menarik secara emosional.

2.      Tidak hanya argumen tapi juga CERITA
Ketika kehidupan telah dipenuhi oleh informasi dan data, mengumpulkan argumen sudah tidak memadai. Perlu dikemas dengan cerita karena entah dimanapun seseorang akan menemukan sesuatu yang berbeda untuk membantah maksud yang ada. Esensi dari persuasi, komunikasi dan pemahaman telah menjadi kemampuan dalam menciptakan suatu kisah yang menarik.

3.      Tidak hanya fokus tapi juga SIMPONI
Era industri dan era informasi membawa tuntutan seseorang harus membutuhkan fokus spesialisasi. Di era konseptual ini perlu adanya penggabungan spesialisasi yang berjalan beriringan menjadi simponi yang menggabungkan bagian-bbagian terpisah menjadi satu kesatuan baru yang mengesankan.

4.      Tidak hanya logika tapi juga EMPATI
Pemikiran logis adalah satu hal yang membuat seseorang menjadi manusia. Tapi dengan terus berkembangnya dunia melalui informasi yang terus bergerak dengan logika saja tidak bisa. Perlu digunakan juga rasa Empati dimana orang yang menyeimbangkan logika dan empati akan berkembang lebih baik dibanding yang lain. Yang membedakan adalah mereka lebih cepat mengenal dan memahami perkembangan dan pergerakan orang lain yang bisa dirasakan melalui sikap empati tersebut.

5.      Tidak hanya keseriusan tapi juga PERMAINAN
Bukti yang menunjukkan kepada kesehatan yang besar  dari tertawa, sisi humor dan sikap tenang berdampak positif pada kehidupan seseorang yang memiliki kualitas baik. Ada saatnya serius tapi jangan pernah melupakan permainan. Permainan itu juga suatu kebutuhan untuk jiwa.

6.      Tidak hanya akumulasi tapi juga MAKNA
Memiliki kelimpahan materi di dunia pasti menarik. Menarik perlu diarahkan juga ke hal-hal yang mebuat hidup lebih bermakna, secara sederhana dengan berbagi dengan sesama yang kurang beruntung hidupnya.

DISAIN, CERITA, SIMPONI, EMPATI, PERMAINAN, DAN MAKNA. Enam kecerdasan di era konseptual ini akan mendorong kehidupan seseorang untuk lebih siap dan maju menghadapi tantangan di masa akan datang. Sebagian akan menerima perubahan dan sebagian akan menolak perubahan. Bagaimana perubahan yang akan terjadi ke depan ? Mari dijalani dengan terbaik.

1 komentar:

Noname mengatakan...

artikel yang bagus