Enjoy your life !!!





Selasa, 09 Juli 2013

Kilas Balik Ramadan Remaja Masjid Nurul Iman


Yeah bulan yang ditunggu-tunggu datang juga. Bulan penuh hikmah dan berkah bagi umat Islam. Waktu cepat berlalu tak terasa bulan Ramadan telah tiba. Alhamdulillah sekali semoga saya masih bisa merasakan Ramadan di tahun 2013. Sebelumnya saya perkenalkan Remaja Masjid Nurul Iman adalah perkumpulan anak-anak muda yang masih peduli dengan kegiatan yang ada di Masjid Tercinta kami di Tegalrejo salatiga. Ramadan dari tahun ke tahun adalah waktu dimana kami Remaja masjid dapat berkumpul dalam momen yang spesial dimana kedekatan setiap anggotanya sangat nampak terlihat dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Haha kenapa demikian? Remas disekitar tempat tinggalku bisa dibilang Remas Musiman yang hadir hanya saat musimnya saja seperti musim buah atau layangan. Ini realita yang terjadi pada perkumpulan Remas yang ramainya setiap Ramadan dan puncaknya setelah idul Fitri blarrr hilang semua bagai ditelan bumi. Tak ada lagi kegiatan rutin setelah ramadan kalopun ada susah buat ngumpulin anak-anaknya. It’s okay itulah akar yang telah menjadi tradisi. Eits tapi itu dulu  masa dimana saya diberi tanggung jawab mengemban tugas yang diamanahi oleh ketua remas sebelumnya. Bisa dibilang masa ini adalah masa jahiliyah karena untuk sekedar mengumpulkan orang saja susahnya minta uang. Namun dibalik tanggung jawab itu tidak serta merta Remas menjadi vakum bahkan bubar. Tetap bertahan walaupun tertatih. Bisa dibilang kegiatan aktif remaja masjid nurul iman hanya pada musim ramadan dan idul adha. Alasan klasik tak berjalannya kegiatan di bulan lain karena masing-masing telah sibuk dengan kehidupannya.

Rindunya ramadan sangat terasa kebersamaan yang terjalin begitu erat. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh remas dan telah menjadi rutinitas dari tahun ke tahun beberapa diantaranya adalah :
 
1. kegiatan tadarus setiap sore dilanjutkan buka bersama          
untuk kegiatan ini dilakukan setiap hari walaupun kadang remaja suka datang mepet waktu berbuka dan kebanyakan hanya diisi ngobrol-ngobrol. Lha tadarusnya gimana?tadarus hanya dilakukan beberapa menit saja dan itu tidak bisa bertahan lama(dasar musiman).





2. Kumpul-kumpul sehabis sholat tarawih sekedar sharing kegiatan ramadan.

 













3. Penimbang beras zakat
Kegiatan ini pasti akan selalu rame karena ada modus dibalik udang. Haha kegiatan ini menjadi menyenangkan karena apa?selalu akan ada santap malam dari pihak panitia untuk menyediakan dana untuk membeli nasi goreng. Tapi tunggu dulu kegiatan ini tidak sembarangan karena salah saja dalam membuat takaran, kerja bisa diulang dari awal dan biasanya kegiatan ini selesai hampir mendekati jam 12 malam.

4. Pasar Murah
Kegiatan ini tidak banyak melibatkan remas karena sebagian besar sudah dikontrol oleh ibu-ibu jamaah.

5. Takbir keliling kota
Ini adalah puncak acara yang paling diminati dan antusias remas akan melonjak naik karena setiap remas ingin mengikuti kegiatan berkeliling takbir bersama remas lain seluruh salatiga.
Kegiatan ini memunyai cerita tersendiri baik suka maupun duka, tapi lebih cenderung duka karena butuh perjuangan dana,tenaga,dan mental pastinya. 

foto-foto kenangan persiapan takbir







6. Silaturahim pasca idul fitri

Kegiatan Penutup ramadan yang satu ini apalagi sebagai ajang pelampiasan diri lebih tepatnya sebagai wisata kuliner ke rumah sesepuh bapak-bapak yang menyajikan beragam makanan yang siap dihajar oleh remas. Kegiatan ini adalah silaturahim antara remas dan keluarga muslim di kampung kami khususnya panitia amalan bulan ramadan.

Nah itu tadi beberapa kegiatan remas nurul iman, dan dalam mempertahankan eksistensinya terjadi pasang surut dan bisa dibilang hampir akan punah alias akan bubar pada akhir tahun 2011 karena kepengurusan tidak berjalan. Untungnya tahun 2012 ada momen dimana organisasi ini dapat berjalan kembali dan pada bulan ramadan diadakan kegiatan workshop perdana dan menjadi titik balik kebangkitan remas kembali untuk mengudara lebih tinggi tapi sayang lagi-lagi karena budaya musiman setelah itu terjadi vakum kegiatan. Nah, bagaimana dengan ramadan Tahun 2013? Sepertinya kami akan lebih semangat dan berjuang kembali untuk meramaikan masjid melalui kegiatan-kegiatan baru yang akan jauh lebih baik. Semoga Ramadan ini lancar. Selamat menjalankan Ibadah Puasa. keep spirit !!!

 












0 komentar: