Enjoy your life !!!





Senin, 09 Juli 2012

OPINI “KENAPA MENJADI GURU ?”

Pertanyaan yang sering aku lontarkan pada diri sendiri “ kenapa menjadi guru? “. Flash back ke masa kecil dimana aku ketika itu menginjak sekolah dasar. Dulu guruku pernah bertanya apa cita citaku ? seperti kebanyakan anak kecil pada umumnya pasti jawabannya tidak jauh –jauh dari dokter ataupun pilot karena mungkin terlihat hebat dan keren . Sangat jarang anak - anak yang bercita – cita menjadi guru. Beranjak ke sekolah menengah yang mulai dapat berpikir secara lebih luas mengenai pekerjaan dan mengenal berbagai macam pekerjaan selain dokter dan pilot, aku pernah membayangkan suatu saat menjadi arsitek yang mengomando karyawan – karyawan yang mengerjakan proyek.

Namun minatku berubah setelah memasuki bangku SMA, mengingat dan menyadari bahwa potensi yang ada dalam diriku sepertinya tidak mumpuni soalnya dunia arsitek pasti tidak lepas dengan gambar – gambar. Nah disinilah aku tidak berbakat dalam bidang ini, minat pun berubah untuk menjadi seorang yang berkecimpung dalam bidang pertambangan yang sebenarnya tidak jauh beda dengan dunia teknik – teknik yang lain. Mau dikata apa aku tidak dituntun oleh Yang Maha Pencipta untuk terjun di dunia ini. Alhasil Tuhan memberikanku mungkin amanah supaya kelak aku menjadi Guru saja. Sebenarnya bukan keinginanku menjadi seorang Guru, tapi mau bagaimana lagi orang tua menyuruhku untuk melanjutkan sekolah di bidang pendidikan guru. Ini mungkin saran dari ortuku yang kebetulan mereka juga seorang guru Sekolah dasar yang berharap anaknya dapat mengikuti jejak mereka. Aku menurut saja apa saran orang tuaku, karena aku ingat sebuah kalimat “ Ridho Alloh adalah ridho orang tua “ hal inilah membuat diriku memantapkan diri untuk terjun ke dunia pendidikan kelak dengan disertai ridho orang tua . Seiring berjalannya waktu ternyata ada banyak hal yang menarik dari apa yang telah aku lalui. Ini memang bukan cita – citaku menjadi seorang guru, tapi sekarang ini adalah tanggung jawabku sebagai calon guru masa depan.

      Banyak alasan mengapa kini aku memilih untuk menjadi Guru. Ada anggapan bahwa menjadi guru itu gampang, mungkin ini orang awam yang menilai, menurutku menjadi guru itu tidak gampang banyak sekali persiapan yang harus dilakukan mulai dari persiapan mengajar, menyusun materi, memberikan evaluasi dan lain – lain belum lagi menghadapi murid –murid yang unik yang memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Orang pada umumnya mengira guru itu Cuma ngajar ngasih pr dah begitu saja dan mengira pekerjaannya santai, padahal dibalik itu semua masih banyak kewajiban dan tanggung jawab guru yang harus dilakukan. Guru itu harus sabar, nah ini merupakan tantangan buatku, aku orangnya memang bisa dibilang kurang sabar mungkin lewat ini nantinya setelah aku benar – benar terjun ke lapangan kesabaranku di uji. Menjadi guru menurutku sangat menarik karena kita bisa mengenal karakteristik anak – anak didik kita dan melihat dunia anak kecil pada masa kini yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Dan tantangannya adalah bagaimana kita dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki setiap anak, mengajar semua orang bisa tapi tidak semua orang bisa mengajar dan mendidik. Perlu keterampilan khusus yang harus dimiliki  guru untuk menumbuh kembang dan mendayagunakan potensi yang ada pada diri siswa untuk mencapai keberhasilan. Menjadi guru itu juga tak lepas bagaimana kita dituntu untuk terus belajar mengikuti perkemabnagn jaman, kalau guru berhenti belajar pasti kedepannya akan ketinggalan jaman. Sebagai calon guru saya merasa beruntung sekali, kelak harapan saya menjadi guru di kemudian hari dengan potensi yang saya miliki membagikan ilmu – llmu yang bermanfaat dan mencerdaskan diri sendiri dan orang lain untuk generasi masa depan dan melayani masyarakat..aminnn

0 komentar: