Enjoy your life !!!





Selasa, 17 April 2012

MODEL - MODEL PEMBELAJARAN

Dalam pembelajaran yang dilakukan guru, cara yang digunakan akan berpengaruh kepada berhasil atau tidaknya guru dalam mengajarkan suatu materi. Oleh karena itu guru harus mengerti bagaimana cara melaksanakan pembelajaran dengan suatu cara yang tepat menggunakan  suatu model pembelajaran yang diharapkan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model -model berikut dapat digunakan dalam  menyampaikan materi. Model yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

1. EXAMPLES NON EXAMPLES

Langkah -langkah :
  • Guru mempersiapkan gambar - gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Guru menempelkan gambar di papan tulis atau melalui media OHP.
  • Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk menaganalisa gambar.
  • Melalui diskusi kelompok 2 - 3 orang, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
  • Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi.
  • mulai dari komentar / hasil diskusi, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
  • Kesimpulan.
2. PICTURE AND PICTURE

Langkah - langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  • Menyajikan materi sebagi pengantar.
  • Guru menunjukkan gambar berkaitan dengan materi.
  • Guru menunjuk siswa secara bergantian memasangkan / mengurutkan gambar menjadi urutan yang benar.
  • Guru menanyakan alasan / dasar pemikiran urutan gambar tersebut. 
  • dari alasan / urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep / materi sesuai kompetensi yang akan dicapai.
  • Kesimpulan / rangkuman.
3. STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD )

Langkah - langkah :
  • Siswa dibentuk dalam kelompok heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku , dll ).
  • Guru menyajikan pelajaran.
  • Guru memberikan tugas kelompok. Anggota kelompok yang sudah mengerti dapat menjelaskan ke anggota kelompok sampai semua mengerti.
  • Guru memberikan kuis kepada seluruh siswa. Siswa menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
  • Memberi evaluasi.
  • Kesimpulan.
4. JIGSAW ( TIM AHLI )

Langkah - langkah :
  •  Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim.
  • Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda.
  • Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
  • Anggota dari tim berkumpul dengan anggota dari tim lain yang mempunyai materi yang sama untuk mendiskusikan  sub bab mereka(kelompok tim ahli).
  • Setelah diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim dengan materi yang telah dikuasai( bergantian hingga semua paham ).
  • Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
  • Guru memberi evaluasi.
  • Penutup.
5. PROBLEM BASED INTRODUCTION

Langkah -langkah :
  • Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
  • Guru membantu siswa mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
  • Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen unuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  • Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan hasil kerja dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
  • Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses - proses yang mereka gunakan.

0 komentar: